Minggu, 06 Januari 2013

Negara Bagian Vermont

Vermont adalah sebuah negara di wilayah New England di Amerika Serikat timur laut. Vermont adalah 6 paling luas dan paling padat penduduknya 2 dari 50 Amerika Serikat. Ini adalah New England satunya negara tidak berbatasan dengan Samudra Atlantik. Danau Champlain membentuk setengah dari perbatasan barat Vermont, yang saham dengan negara bagian New York. The Green Mountains berada dalam negara. Vermont berbatasan dengan Massachusetts ke selatan, New Hampshire di sebelah timur, New York ke barat, dan provinsi Quebec di Kanada ke utara.

Awalnya dihuni oleh dua suku besar penduduk asli Amerika (yang Algonquian berbahasa Abenaki dan Iroquois), sebagian besar wilayah yang kini Vermont diklaim oleh Perancis selama periode awal kolonial. Perancis menyerahkan wilayah itu untuk Kerajaan Inggris setelah dikalahkan pada tahun 1763 dalam Perang Tujuh Tahun (juga disebut Perang Perancis dan India). Selama bertahun-tahun, koloni-koloni di dekatnya, terutama New Hampshire dan New York, kontrol disengketakan daerah (kemudian disebut New Hampshire Hibah). Pemukim yang memegang hak atas tanah yang diberikan oleh koloni ditentang oleh milisi anak laki-laki Green Mountain, yang akhirnya menang dalam menciptakan sebuah negara merdeka, Republik Vermont. Didirikan pada tahun 1777 selama Perang Revolusi, republik berlangsung selama empat belas tahun. Mengesampingkan Koloni Thirteen, Vermont adalah salah satu dari hanya empat negara bagian AS (bersama dengan Texas, Hawaii, dan secara singkat menyatakan Republik West Florida) telah menjadi negara berdaulat di masa lalu. Pada 1791, Vermont bergabung dengan Amerika Serikat sebagai negara ke-14, yang pertama di luar 13 koloni asli. Ini menghapuskan perbudakan sementara masih independen, dan setelah bergabung dengan Uni menjadi negara pertama yang melakukannya.

Vermont adalah produsen utama sirup maple di Amerika Serikat. Ibukota negara adalah Montpelier, yang memiliki populasi 7.855 dan merupakan ibukota negara bagian paling padat penduduknya di negara ini. kota Vermont yang paling padat penduduknya adalah Burlington, dengan populasi 2010 dari 42.417,  yang membuatnya "kota terbesar dari negara" paling padat penduduknya di Amerika Serikat. Wilayah metropolitan Burlington adalah 211.261.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar